Deskripsi Matakuliah Membaca (Bagian 1. a)
Matakuliah "Membaca" merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca dan pemahaman bacaan pada tingkat yang sesuai dengan tingkat akademik atau perkembangan peserta didik. Mata kuliah ini biasanya mencakup berbagai aspek, termasuk membaca teks naratif, informatif, dan persuasif.
sejumlah poin yang termasuk dalam deskripsi matakuliah "Membaca" ini:
Tujuan: Mengajarkan keterampilan membaca yang efektif dan mempromosikan pemahaman mendalam terhadap berbagai jenis teks.
Metode Pengajaran: Metode pengajaran dalam matakuliah ini mencakup kuliah, diskusi kelompok, latihan membaca, analisis teks, dan tugas-tugas membaca.
Topik yang Dibahas: Topik-topik yang dibahas dapat meliputi strategi membaca, teknik pemahaman teks, mengidentifikasi gagasan utama, memahami makna kontekstual, dan menganalisis struktur teks.
Evaluasi: Evaluasi peserta didik meliputi ujian membaca, tugas bacaan, partisipasi dalam diskusi, dan proyek membaca.
Sumber Bacaan: Matakuliah ini membutuhkan sumber-sumber bacaan seperti buku teks, artikel, cerita pendek, atau bahan-bahan bacaan lainnya yang relevan dengan topik yang dibahas.
Pentingnya Matakuliah: Matakuliah ini penting karena membantu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan membaca yang kuat, yang merupakan dasar bagi keberhasilan dalam banyak aspek pendidikan dan kehidupan sehari-hari.
Dalam mata kuliah Pembelajaran Membaca ini juga dibahas tentang minat baca dan strategi penumbuhannya; Kecepatan Efektif Membaca (KEM): konsep dan pengukurannya; evaluasi membaca dan anatomi pertanyaan bacaan; menentukan tingkat keterbacaan wacana: Formula Fry, Formula Raygor, Formula Flesh, Fog Index, dan Cloze Procedure; memperbaiki daya baca: berbagai pola strategi membaca cepat; dan berbagai strategi/metode pembelajaran membaca.
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai dan mengaplikasikan teori-teori membaca dan pengajarannya, baik untuk kepentingan dirinya sendiri selaku mahasiswa maupun untuk kepentingan anak didiknya di tingkat sekolah menengah (SMP dan SMA).
Daftar Isi:
Deskripsi Matakuliah Membaca (Bagian 1. a)
Pengantar Mata Kuliah Membaca (Bagian 1. b)
Pengantar Mata Kuliah Membaca (Bagian 1. c)
Pengertian dan Tujuan Membaca (Bagian 2 a)
Pengertian dan Tujuan Membaca (Bagian 2 b)
Strategi Taktis Membaca (Bagian 3 a)
Strategi Taktis Membaca (Bagian 3 b)
Taktis Membaca kalimat efektif (bagian 5 a)
Taktis Membaca kalimat efektif (bagian 5 b)
Taktis Membaca paragraf (Bagian 6 a)
Taktis Membaca paragraf (Bagian 6 b)
Taktis Membaca Teks Non Fiksi (bagian 7 a)
Taktis Membaca Teks Non Fiksi (bagian 7 b)
Taktis Membaca Teks Fiksi (Bagian 8 a)
Taktis Membaca Teks Fiksi (Bagian 8 b)
Komentar
Posting Komentar