1. ORIENTASI PERKULIAHAN
A. Pengantar Psikolinguistik & Cakupan Materi
Psikolinguistik
adalah cabang ilmu yang mengkaji hubungan antara bahasa dan proses kognitif
dalam otak manusia. Bidang ini berfokus pada bagaimana manusia memperoleh,
memahami, dan menggunakan bahasa.
Cakupan
Materi Psikolinguistik:
- Hakikat dan ruang lingkup
Psikolinguistik
- Bahasa manusia dan proses
kognitif
- Pemerolehan bahasa pertama dan
kedua
- Faktor yang mempengaruhi
pemerolehan bahasa
- Strategi kemampuan bahasa kedua
- Gangguan bahasa dan intervensi
- Psikolinguistik dalam
pembelajaran bahasa
B. Sumber Belajar
Untuk
memahami materi Psikolinguistik, mahasiswa dapat merujuk pada sumber-sumber
berikut:
- Buku Rujukan Utama:
- Aitchison, J. (2008). The
Articulate Mammal: An Introduction to Psycholinguistics. Routledge.
- Carroll, D. W. (2008). Psychology
of Language. Thomson Wadsworth.
- Field, J. (2003). Psycholinguistics:
A Resource Book for Students. Routledge.
- Jurnal & Artikel Ilmiah:
- Journal of Psycholinguistic
Research
- Applied Psycholinguistics
(Cambridge University Press)
- Artikel dari portal akademik
seperti Google Scholar, ResearchGate, dan DOAJ
- Media Digital & Video
Pembelajaran:
- TED Talks terkait linguistik
dan kognisi
- Podcast tentang pemerolehan
bahasa
- Video dokumenter seperti The
Secret Life of the Brain
C. Metode Perkuliahan
Perkuliahan
akan menggunakan metode yang bervariasi agar mahasiswa dapat memahami materi
secara optimal. Metode yang digunakan antara lain:
- Ceramah Interaktif - Dosen menjelaskan konsep
dasar dengan diskusi terbuka.
- Tanya Jawab dan Diskusi
Kelompok -
Mahasiswa berpartisipasi aktif dalam menganalisis teori dan studi kasus.
- Analisis Video dan Audio - Menggunakan rekaman
percakapan dan video ilmiah untuk memahami proses kognitif bahasa.
- Presentasi Mahasiswa - Setiap kelompok akan
mempresentasikan topik tertentu.
- Tugas dan Penelitian Mandiri - Mahasiswa diminta membaca
jurnal atau artikel untuk dipresentasikan di kelas.
D. Aspek Penilaian
Penilaian
dalam mata kuliah ini dilakukan melalui beberapa komponen berikut:
Komponen Penilaian |
Persentase (%) |
Kehadiran dan Partisipasi |
10% |
Tugas Mandiri dan Kelompok |
20% |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
30% |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
40% |
Keterangan:
- Kehadiran minimal 75% agar
dapat mengikuti ujian akhir.
- Tugas harus dikumpulkan sesuai
dengan jadwal yang telah ditentukan.
- Diskusi dan partisipasi aktif
akan berpengaruh pada nilai akhir.
Kesimpulan
Pada
pertemuan pertama ini, mahasiswa diperkenalkan pada konsep dasar
Psikolinguistik, cakupan materinya, serta sistem perkuliahan dan penilaian.
Mahasiswa diharapkan dapat memahami bagaimana mata kuliah ini akan dijalankan
dan memiliki gambaran umum tentang isi materi yang akan dipelajari.
Tugas:
- Bacalah Bab 1 dari buku Psycholinguistics:
A Resource Book for Students oleh John Field.
- Tulis ringkasan singkat (maks.
1 halaman) tentang pengertian Psikolinguistik dan ruang lingkupnya.
Selamat belajar
dan semoga sukses!
1.
Nasir,
Aco. (2022). Psikolinguistik. CV. Karya Bakti Makmur
Indonesia.
2.
Nasir,
Aco. (2024). Psikolinguistik (Memahami Dasar Psikolinguistik).
CV. Cemerlang Publishing.
3.
Nasir,
Aco. (2024). Linguistik Terapan. CV. Cemerlang Publishing.
4.
Chaer,
Abdul. (2002). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar