Catatan digital

Catatan digital

Rabu, 12 Maret 2025

MATERI PERTEMUAN 1: ORIENTASI PERKULIAHAN & PENGANTAR PSIKOLINGUISTIK

1. ORIENTASI PERKULIAHAN

A. Pengantar Psikolinguistik & Cakupan Materi

Psikolinguistik adalah cabang ilmu yang mengkaji hubungan antara bahasa dan proses kognitif dalam otak manusia. Bidang ini berfokus pada bagaimana manusia memperoleh, memahami, dan menggunakan bahasa.

Cakupan Materi Psikolinguistik:

  1. Hakikat dan ruang lingkup Psikolinguistik
  2. Bahasa manusia dan proses kognitif
  3. Pemerolehan bahasa pertama dan kedua
  4. Faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa
  5. Strategi kemampuan bahasa kedua
  6. Gangguan bahasa dan intervensi
  7. Psikolinguistik dalam pembelajaran bahasa

B. Sumber Belajar

Untuk memahami materi Psikolinguistik, mahasiswa dapat merujuk pada sumber-sumber berikut:

  1. Buku Rujukan Utama:
    • Aitchison, J. (2008). The Articulate Mammal: An Introduction to Psycholinguistics. Routledge.
    • Carroll, D. W. (2008). Psychology of Language. Thomson Wadsworth.
    • Field, J. (2003). Psycholinguistics: A Resource Book for Students. Routledge.
  2. Jurnal & Artikel Ilmiah:
    • Journal of Psycholinguistic Research
    • Applied Psycholinguistics (Cambridge University Press)
    • Artikel dari portal akademik seperti Google Scholar, ResearchGate, dan DOAJ
  3. Media Digital & Video Pembelajaran:
    • TED Talks terkait linguistik dan kognisi
    • Podcast tentang pemerolehan bahasa
    • Video dokumenter seperti The Secret Life of the Brain

 

C. Metode Perkuliahan

Perkuliahan akan menggunakan metode yang bervariasi agar mahasiswa dapat memahami materi secara optimal. Metode yang digunakan antara lain:

  1. Ceramah Interaktif - Dosen menjelaskan konsep dasar dengan diskusi terbuka.
  2. Tanya Jawab dan Diskusi Kelompok - Mahasiswa berpartisipasi aktif dalam menganalisis teori dan studi kasus.
  3. Analisis Video dan Audio - Menggunakan rekaman percakapan dan video ilmiah untuk memahami proses kognitif bahasa.
  4. Presentasi Mahasiswa - Setiap kelompok akan mempresentasikan topik tertentu.
  5. Tugas dan Penelitian Mandiri - Mahasiswa diminta membaca jurnal atau artikel untuk dipresentasikan di kelas.

D. Aspek Penilaian

Penilaian dalam mata kuliah ini dilakukan melalui beberapa komponen berikut:

Komponen Penilaian

Persentase (%)

Kehadiran dan Partisipasi

10%

Tugas Mandiri dan Kelompok

20%

Ujian Tengah Semester (UTS)

30%

Ujian Akhir Semester (UAS)

40%

Keterangan:

  • Kehadiran minimal 75% agar dapat mengikuti ujian akhir.
  • Tugas harus dikumpulkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Diskusi dan partisipasi aktif akan berpengaruh pada nilai akhir.

Kesimpulan

Pada pertemuan pertama ini, mahasiswa diperkenalkan pada konsep dasar Psikolinguistik, cakupan materinya, serta sistem perkuliahan dan penilaian. Mahasiswa diharapkan dapat memahami bagaimana mata kuliah ini akan dijalankan dan memiliki gambaran umum tentang isi materi yang akan dipelajari.

Tugas:

  • Bacalah Bab 1 dari buku Psycholinguistics: A Resource Book for Students oleh John Field.
  • Tulis ringkasan singkat (maks. 1 halaman) tentang pengertian Psikolinguistik dan ruang lingkupnya.

 

Selamat belajar dan semoga sukses!

1.     Nasir, Aco. (2022). Psikolinguistik. CV. Karya Bakti Makmur Indonesia.

2.     Nasir, Aco. (2024). Psikolinguistik (Memahami Dasar Psikolinguistik). CV. Cemerlang Publishing.

3.     Nasir, Aco. (2024). Linguistik Terapan. CV. Cemerlang Publishing.

4.     Chaer, Abdul. (2002). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


DAFTAR KONTEN

👇👇👇👇







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menjadi pribadi yang lebih sabar

Bagaimana Menjadi Pribadi yang Lebih Sabar Siapa sih yang nggak pernah kehilangan kesabaran? Entah itu gara-gara macet, tugas numpuk, teman...