LESSON 2 CAN YOU SAIL?

Materi Ajar: Penggunaan "Yes / No Questions with 'Can'"

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami cara membuat dan menjawab pertanyaan "Yes/No" dengan menggunakan kata kerja modal "can."
  2. Siswa dapat membedakan penggunaan "can" dalam berbagai konteks.
  3. Siswa mampu membuat kalimat pertanyaan dan jawaban "Yes/No" menggunakan "can."

1. Pengertian dan Penggunaan "Can"

"Can" adalah kata kerja modal yang digunakan untuk menunjukkan kemampuan, izin, atau kemungkinan. Dalam pertanyaan "Yes/No," "can" digunakan di awal kalimat untuk menanyakan apakah seseorang mampu atau diperbolehkan melakukan sesuatu.

Contoh:

  • Ability (Kemampuan):
    • Can you swim? (Apakah kamu bisa berenang?)
  • Permission (Izin):
    • Can I leave early? (Bolehkah saya pulang lebih awal?)

2. Struktur "Yes/No Question with 'Can'"

Struktur Dasar:

  • Can + Subjek + Verb (kata kerja) + Object?

Contoh Kalimat:

  • Can you play the piano? (Apakah kamu bisa bermain piano?)
  • Can she speak English? (Apakah dia bisa berbicara bahasa Inggris?)
  • Can we go to the park? (Apakah kita bisa pergi ke taman?)

3. Menjawab "Yes/No Question with 'Can'"

Struktur Jawaban:

  • Yes, + Subjek + can.
  • No, + Subjek + can't (cannot).

Contoh Jawaban:

  • Question: Can you ride a bike? (Apakah kamu bisa mengendarai sepeda?)
    • Positive Answer: Yes, I can. (Ya, saya bisa.)
    • Negative Answer: No, I can't. (Tidak, saya tidak bisa.)
  • Question: Can he cook? (Apakah dia bisa memasak?)
    • Positive Answer: Yes, he can. (Ya, dia bisa.)
    • Negative Answer: No, he can't. (Tidak, dia tidak bisa.)

4. Tabel Penggunaan "Can" dalam Yes/No Questions

Pertanyaan (Question)Jawaban Positif (Positive Answer)Jawaban Negatif (Negative Answer)
Can you swim?Yes, I can.No, I can't.
Can she drive a car?Yes, she can.No, she can't.
Can they speak French?Yes, they can.No, they can't.
Can we start the meeting now?Yes, we can.No, we can't.
Can he come to the party?Yes, he can.No, he can't.

5. Latihan:

A. Lengkapi Pertanyaan dengan "Can":

  1. _______ you help me with this?
  2. _______ she play the guitar?
  3. _______ they come to the meeting?
  4. _______ we leave now?
  5. _______ he speak Japanese?

B. Jawablah Pertanyaan Berikut:

  1. Can you speak English?
  2. Can they play soccer?
  3. Can your friend drive a car?
  4. Can we eat here?
  5. Can she finish the project on time?

Contoh Jawaban:

  1. Yes, I can.
  2. No, they can't.
  3. Yes, my friend can.
  4. Yes, we can.
  5. No, she can't.

6. Diskusi Kelas:

  • Bagaimana perasaanmu ketika seseorang menanyakan kemampuanmu dengan "can"?
  • Dalam situasi apa saja kita menggunakan "can" untuk menanyakan izin atau kemampuan?

7. Kesimpulan dan Rangkuman:

  • "Can" digunakan untuk membuat pertanyaan "Yes/No" yang menanyakan tentang kemampuan atau izin.
  • Struktur pertanyaan dengan "can" selalu dimulai dengan "can," diikuti oleh subjek dan kata kerja utama.
  • Jawaban untuk pertanyaan "Yes/No" dengan "can" dapat berupa "Yes, [subjek] can" atau "No, [subjek] can't."

Tugas:

  • Buatlah 5 pertanyaan dan 5 jawaban "Yes/No" menggunakan "can," lalu diskusikan dengan teman sekelasmu.

Materi ini dirancang untuk membantu siswa memahami dan menggunakan "Yes/No questions with 'Can'" dalam komunikasi sehari-hari, terutama dalam menanyakan kemampuan dan meminta izin. Latihan yang disediakan akan memperkuat pemahaman siswa tentang struktur kalimat dan cara menjawabnya.

Materi Ajar: Irregular Noun Plurals

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami konsep bentuk jamak (plural) dari kata benda tidak beraturan (irregular nouns) dalam bahasa Inggris.
  2. Siswa mampu mengidentifikasi dan menggunakan irregular noun plurals dalam kalimat dengan tepat.
  3. Siswa dapat membedakan antara regular dan irregular noun plurals.

1. Pengertian Irregular Noun Plurals

Kata benda dalam bahasa Inggris biasanya menjadi bentuk jamak dengan menambahkan akhiran -s atau -es. Namun, ada kata benda tertentu yang tidak mengikuti aturan ini dan berubah menjadi bentuk jamak dengan cara yang tidak beraturan. Kata-kata ini disebut Irregular Noun Plurals.

Contoh:

  • Regular: cat → cats
  • Irregular: child → children

2. Pola Umum Irregular Noun Plurals

Ada beberapa pola umum dalam perubahan irregular noun plurals. Berikut adalah beberapa di antaranya:

A. Perubahan Huruf Vokal

  • Man → Men
  • Woman → Women
  • Tooth → Teeth
  • Foot → Feet
  • Goose → Geese

B. Akhiran "en" Ditambahkan

  • Child → Children
  • Ox → Oxen

C. Kata Benda Yang Tetap Sama

  • Sheep → Sheep
  • Deer → Deer
  • Fish → Fish (meskipun "fishes" juga bisa digunakan dalam konteks tertentu)

D. Perubahan Bentuk Lain

  • Mouse → Mice
  • Person → People
  • Cactus → Cacti (atau Cactuses, namun "Cacti" lebih umum digunakan)
  • Focus → Foci

E. Kata-Kata Asal Bahasa Latin atau Yunani

  • Crisis → Crises
  • Thesis → Theses
  • Phenomenon → Phenomena
  • Datum → Data

3. Latihan: Identifikasi dan Gunakan Irregular Noun Plurals

A. Latihan Identifikasi Identifikasi apakah kata benda di bawah ini adalah regular atau irregular. Jika irregular, tuliskan bentuk jamaknya.

  1. Child
  2. Box
  3. Tooth
  4. Bus
  5. Goose

Jawaban:

  1. Child → Children (Irregular)
  2. Box → Boxes (Regular)
  3. Tooth → Teeth (Irregular)
  4. Bus → Buses (Regular)
  5. Goose → Geese (Irregular)

B. Latihan Penggunaan Buat kalimat dengan kata benda irregular plurals berikut:

  1. Women
  2. Mice
  3. Feet
  4. People
  5. Sheep

Contoh Jawaban:

  1. The women are discussing the new project.
  2. The house is full of mice.
  3. He measured his height from head to feet.
  4. Many people attended the concert.
  5. The sheep are grazing in the field.

4. Kiat Menghafal Irregular Noun Plurals

  1. Kelompokkan berdasarkan Pola: Cobalah mengelompokkan kata-kata yang memiliki pola serupa, seperti "man → men" dan "woman → women."
  2. Buat Flashcards: Buat kartu dengan bentuk tunggal di satu sisi dan bentuk jamak di sisi lain untuk membantu menghafal.
  3. Gunakan dalam Kalimat: Praktikkan menggunakan kata-kata ini dalam kalimat untuk menguatkan pemahaman.

5. Kesimpulan dan Rangkuman:

  • Irregular Noun Plurals tidak mengikuti aturan umum penambahan -s atau -es untuk menjadi bentuk jamak.
  • Berbagai kata benda memiliki cara yang berbeda dalam pembentukan bentuk jamak, dan ini perlu dihafal karena tidak ada aturan tunggal yang mengatur semua kata benda tidak beraturan.
  • Memahami dan menguasai penggunaan irregular noun plurals akan membantu siswa dalam berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris dengan lebih akurat.

Tugas:

  • Buat daftar 10 kata benda tidak beraturan lainnya dan tuliskan bentuk jamak beserta kalimatnya.

Diskusi Kelas:

  • Mengapa penting untuk mengetahui bentuk jamak dari irregular nouns?
  • Apa yang membuat beberapa kata benda memiliki bentuk jamak yang tidak beraturan?

Materi ini dirancang untuk membantu siswa mengenali dan menggunakan irregular noun plurals dengan benar dalam konteks sehari-hari. Latihan dan diskusi kelas akan membantu memperkuat pemahaman dan penggunaan yang tepat.

 

Materi Ajar: Penggunaan "Like" dan "Doesn't Like," "Like" dan "Don't Like"

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami penggunaan "like" dan "doesn't like," "like" dan "don't like" dalam kalimat positif dan negatif.
  2. Siswa mampu membedakan penggunaan "doesn't like" dan "don't like" sesuai dengan subjek dalam kalimat.
  3. Siswa dapat membuat kalimat positif dan negatif menggunakan "like" dan "doesn't like/don't like."

1. Penggunaan "Like"

"Like" digunakan untuk mengekspresikan kesukaan terhadap sesuatu. "Like" digunakan dengan semua subjek dalam kalimat positif.

Contoh:

  • I like pizza.
  • She likes ice cream.
  • They like playing soccer.

Catatan:

  • Untuk subjek he, she, dan it, tambahkan -s pada "like" menjadi "likes."

2. Penggunaan "Doesn't Like" dan "Don't Like"

Ketika ingin mengekspresikan ketidaksukaan (negatif), gunakan "doesn't like" atau "don't like" sesuai dengan subjeknya.

  • "Doesn't Like" digunakan dengan subjek tunggal pihak ketiga (he, she, it).
  • "Don't Like" digunakan dengan subjek lainnya (I, you, we, they).

Tabel Penggunaan "Like," "Doesn't Like," "Don't Like":

SubjekPositifNegatif
II like apples.I don't like apples.
YouYou like apples.You don't like apples.
HeHe likes apples.He doesn't like apples.
SheShe likes apples.She doesn't like apples.
ItIt likes apples.It doesn't like apples.
WeWe like apples.We don't like apples.
TheyThey like apples.They don't like apples.

Contoh Kalimat:

  • Positif: She likes swimming. (Dia suka berenang.)
  • Negatif: She doesn't like swimming. (Dia tidak suka berenang.)
  • Positif: They like movies. (Mereka suka film.)
  • Negatif: They don't like horror movies. (Mereka tidak suka film horor.)

3. Latihan:

A. Lengkapi Kalimat:

  1. (I) ______ like chocolate.
  2. (She) ______ doesn't like vegetables.
  3. (They) ______ like to read books.
  4. (He) ______ doesn't like cats.
  5. (We) ______ don't like rain.

B. Buat Kalimat:

  1. I / like / soccer
  2. She / doesn't like / dancing
  3. They / like / pizza
  4. He / doesn't like / studying
  5. We / like / traveling

Contoh Jawaban:

  1. I like soccer.
  2. She doesn't like dancing.
  3. They like pizza.
  4. He doesn't like studying.
  5. We like traveling.

4. Diskusi Kelas:

  • Mengapa penting untuk mengetahui kapan menggunakan "doesn't like" dan "don't like"?
  • Bagaimana cara kita mengungkapkan kesukaan dan ketidaksukaan dalam berbagai situasi sehari-hari?

5. Kesimpulan dan Rangkuman:

  • "Like" digunakan untuk menyatakan kesukaan dan bisa digunakan dengan semua subjek dalam kalimat positif.
  • "Doesn't like" digunakan untuk menyatakan ketidaksukaan dengan subjek he, she, it dalam kalimat negatif.
  • "Don't like" digunakan untuk menyatakan ketidaksukaan dengan subjek I, you, we, they dalam kalimat negatif.

Tugas:

  • Buat 5 kalimat positif dan 5 kalimat negatif menggunakan "like," "doesn't like," dan "don't like" dengan subjek yang berbeda.

Materi ini bertujuan membantu siswa memahami penggunaan "like," "doesn't like," dan "don't like" dalam komunikasi sehari-hari. Latihan dan diskusi akan memperkuat pemahaman siswa tentang bagaimana mengekspresikan kesukaan dan ketidaksukaan secara efektif.

DAFTAR KONTEN

LESSON 1 DO YOU LIKE TO DANCE, SUSAN?

LESSON 2 CAN YOU SAIL?

LESSON 3 I DON’T LIKE TO PLAY GOLF.

LESSON 4 CAN THEY WORK TOGETHER, MIKE?

LESSON 5 WHY DO YOU HAVE HEADACHE?

LESSON 6 BUT I WANT TO DO IT WITH JAKE.

LESSON 7 WHAT COLOR IS HIS JACKET?

LESSON 8 EVERYONE’S WEARING PURPULE.

LESSON 9 HOW DO I GET TO LANG’S DRUGSTORE?

LESSON 10 SAY, WOULD YOU LIKE TO HAVE DINNER WITH ME TONIGHT?

LESSON 11 IT’S THE THIRD BUILDING ON THE RIGHT.

LESSON 12 WOULD YOU LIKE TO GO TO SCOTTO’S

LESSON 13 YOU AND JAKE HAVE TO WORK TOGETEHER.

LESSON 14 YOU SHOULD BE NICE TO HIM.

LESSON 15 WHAT SHOULD JHON DO?

LESSON 16 WELL, THIS IS A SURPRISE.

Komentar

Postingan Populer