LESSON 2 CAN YOU SAIL?
Materi Ajar: Penggunaan "Yes / No Questions with 'Can'"
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa memahami cara membuat dan menjawab pertanyaan "Yes/No" dengan menggunakan kata kerja modal "can."
- Siswa dapat membedakan penggunaan "can" dalam berbagai konteks.
- Siswa mampu membuat kalimat pertanyaan dan jawaban "Yes/No" menggunakan "can."
1. Pengertian dan Penggunaan "Can"
"Can" adalah kata kerja modal yang digunakan untuk menunjukkan kemampuan, izin, atau kemungkinan. Dalam pertanyaan "Yes/No," "can" digunakan di awal kalimat untuk menanyakan apakah seseorang mampu atau diperbolehkan melakukan sesuatu.
Contoh:
- Ability (Kemampuan):
- Can you swim? (Apakah kamu bisa berenang?)
- Permission (Izin):
- Can I leave early? (Bolehkah saya pulang lebih awal?)
2. Struktur "Yes/No Question with 'Can'"
Struktur Dasar:
- Can + Subjek + Verb (kata kerja) + Object?
Contoh Kalimat:
- Can you play the piano? (Apakah kamu bisa bermain piano?)
- Can she speak English? (Apakah dia bisa berbicara bahasa Inggris?)
- Can we go to the park? (Apakah kita bisa pergi ke taman?)
3. Menjawab "Yes/No Question with 'Can'"
Struktur Jawaban:
- Yes, + Subjek + can.
- No, + Subjek + can't (cannot).
Contoh Jawaban:
- Question: Can you ride a bike? (Apakah kamu bisa mengendarai sepeda?)
- Positive Answer: Yes, I can. (Ya, saya bisa.)
- Negative Answer: No, I can't. (Tidak, saya tidak bisa.)
- Question: Can he cook? (Apakah dia bisa memasak?)
- Positive Answer: Yes, he can. (Ya, dia bisa.)
- Negative Answer: No, he can't. (Tidak, dia tidak bisa.)
4. Tabel Penggunaan "Can" dalam Yes/No Questions
Pertanyaan (Question) | Jawaban Positif (Positive Answer) | Jawaban Negatif (Negative Answer) |
---|---|---|
Can you swim? | Yes, I can. | No, I can't. |
Can she drive a car? | Yes, she can. | No, she can't. |
Can they speak French? | Yes, they can. | No, they can't. |
Can we start the meeting now? | Yes, we can. | No, we can't. |
Can he come to the party? | Yes, he can. | No, he can't. |
5. Latihan:
A. Lengkapi Pertanyaan dengan "Can":
- _______ you help me with this?
- _______ she play the guitar?
- _______ they come to the meeting?
- _______ we leave now?
- _______ he speak Japanese?
B. Jawablah Pertanyaan Berikut:
- Can you speak English?
- Can they play soccer?
- Can your friend drive a car?
- Can we eat here?
- Can she finish the project on time?
Contoh Jawaban:
- Yes, I can.
- No, they can't.
- Yes, my friend can.
- Yes, we can.
- No, she can't.
6. Diskusi Kelas:
- Bagaimana perasaanmu ketika seseorang menanyakan kemampuanmu dengan "can"?
- Dalam situasi apa saja kita menggunakan "can" untuk menanyakan izin atau kemampuan?
7. Kesimpulan dan Rangkuman:
- "Can" digunakan untuk membuat pertanyaan "Yes/No" yang menanyakan tentang kemampuan atau izin.
- Struktur pertanyaan dengan "can" selalu dimulai dengan "can," diikuti oleh subjek dan kata kerja utama.
- Jawaban untuk pertanyaan "Yes/No" dengan "can" dapat berupa "Yes, [subjek] can" atau "No, [subjek] can't."
Tugas:
- Buatlah 5 pertanyaan dan 5 jawaban "Yes/No" menggunakan "can," lalu diskusikan dengan teman sekelasmu.
Materi ini dirancang untuk membantu siswa memahami dan menggunakan "Yes/No questions with 'Can'" dalam komunikasi sehari-hari, terutama dalam menanyakan kemampuan dan meminta izin. Latihan yang disediakan akan memperkuat pemahaman siswa tentang struktur kalimat dan cara menjawabnya.
Materi Ajar: Irregular Noun Plurals
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa memahami konsep bentuk jamak (plural) dari kata benda tidak beraturan (irregular nouns) dalam bahasa Inggris.
- Siswa mampu mengidentifikasi dan menggunakan irregular noun plurals dalam kalimat dengan tepat.
- Siswa dapat membedakan antara regular dan irregular noun plurals.
1. Pengertian Irregular Noun Plurals
Kata benda dalam bahasa Inggris biasanya menjadi bentuk jamak dengan menambahkan akhiran -s atau -es. Namun, ada kata benda tertentu yang tidak mengikuti aturan ini dan berubah menjadi bentuk jamak dengan cara yang tidak beraturan. Kata-kata ini disebut Irregular Noun Plurals.
Contoh:
- Regular: cat → cats
- Irregular: child → children
2. Pola Umum Irregular Noun Plurals
Ada beberapa pola umum dalam perubahan irregular noun plurals. Berikut adalah beberapa di antaranya:
A. Perubahan Huruf Vokal
- Man → Men
- Woman → Women
- Tooth → Teeth
- Foot → Feet
- Goose → Geese
B. Akhiran "en" Ditambahkan
- Child → Children
- Ox → Oxen
C. Kata Benda Yang Tetap Sama
- Sheep → Sheep
- Deer → Deer
- Fish → Fish (meskipun "fishes" juga bisa digunakan dalam konteks tertentu)
D. Perubahan Bentuk Lain
- Mouse → Mice
- Person → People
- Cactus → Cacti (atau Cactuses, namun "Cacti" lebih umum digunakan)
- Focus → Foci
E. Kata-Kata Asal Bahasa Latin atau Yunani
- Crisis → Crises
- Thesis → Theses
- Phenomenon → Phenomena
- Datum → Data
3. Latihan: Identifikasi dan Gunakan Irregular Noun Plurals
A. Latihan Identifikasi Identifikasi apakah kata benda di bawah ini adalah regular atau irregular. Jika irregular, tuliskan bentuk jamaknya.
- Child
- Box
- Tooth
- Bus
- Goose
Jawaban:
- Child → Children (Irregular)
- Box → Boxes (Regular)
- Tooth → Teeth (Irregular)
- Bus → Buses (Regular)
- Goose → Geese (Irregular)
B. Latihan Penggunaan Buat kalimat dengan kata benda irregular plurals berikut:
- Women
- Mice
- Feet
- People
- Sheep
Contoh Jawaban:
- The women are discussing the new project.
- The house is full of mice.
- He measured his height from head to feet.
- Many people attended the concert.
- The sheep are grazing in the field.
4. Kiat Menghafal Irregular Noun Plurals
- Kelompokkan berdasarkan Pola: Cobalah mengelompokkan kata-kata yang memiliki pola serupa, seperti "man → men" dan "woman → women."
- Buat Flashcards: Buat kartu dengan bentuk tunggal di satu sisi dan bentuk jamak di sisi lain untuk membantu menghafal.
- Gunakan dalam Kalimat: Praktikkan menggunakan kata-kata ini dalam kalimat untuk menguatkan pemahaman.
5. Kesimpulan dan Rangkuman:
- Irregular Noun Plurals tidak mengikuti aturan umum penambahan -s atau -es untuk menjadi bentuk jamak.
- Berbagai kata benda memiliki cara yang berbeda dalam pembentukan bentuk jamak, dan ini perlu dihafal karena tidak ada aturan tunggal yang mengatur semua kata benda tidak beraturan.
- Memahami dan menguasai penggunaan irregular noun plurals akan membantu siswa dalam berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris dengan lebih akurat.
Tugas:
- Buat daftar 10 kata benda tidak beraturan lainnya dan tuliskan bentuk jamak beserta kalimatnya.
Diskusi Kelas:
- Mengapa penting untuk mengetahui bentuk jamak dari irregular nouns?
- Apa yang membuat beberapa kata benda memiliki bentuk jamak yang tidak beraturan?
Materi ini dirancang untuk membantu siswa mengenali dan menggunakan irregular noun plurals dengan benar dalam konteks sehari-hari. Latihan dan diskusi kelas akan membantu memperkuat pemahaman dan penggunaan yang tepat.
Materi Ajar: Penggunaan "Like" dan "Doesn't Like," "Like" dan "Don't Like"
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa memahami penggunaan "like" dan "doesn't like," "like" dan "don't like" dalam kalimat positif dan negatif.
- Siswa mampu membedakan penggunaan "doesn't like" dan "don't like" sesuai dengan subjek dalam kalimat.
- Siswa dapat membuat kalimat positif dan negatif menggunakan "like" dan "doesn't like/don't like."
1. Penggunaan "Like"
"Like" digunakan untuk mengekspresikan kesukaan terhadap sesuatu. "Like" digunakan dengan semua subjek dalam kalimat positif.
Contoh:
- I like pizza.
- She likes ice cream.
- They like playing soccer.
Catatan:
- Untuk subjek he, she, dan it, tambahkan -s pada "like" menjadi "likes."
2. Penggunaan "Doesn't Like" dan "Don't Like"
Ketika ingin mengekspresikan ketidaksukaan (negatif), gunakan "doesn't like" atau "don't like" sesuai dengan subjeknya.
- "Doesn't Like" digunakan dengan subjek tunggal pihak ketiga (he, she, it).
- "Don't Like" digunakan dengan subjek lainnya (I, you, we, they).
Tabel Penggunaan "Like," "Doesn't Like," "Don't Like":
Subjek | Positif | Negatif |
---|---|---|
I | I like apples. | I don't like apples. |
You | You like apples. | You don't like apples. |
He | He likes apples. | He doesn't like apples. |
She | She likes apples. | She doesn't like apples. |
It | It likes apples. | It doesn't like apples. |
We | We like apples. | We don't like apples. |
They | They like apples. | They don't like apples. |
Contoh Kalimat:
- Positif: She likes swimming. (Dia suka berenang.)
- Negatif: She doesn't like swimming. (Dia tidak suka berenang.)
- Positif: They like movies. (Mereka suka film.)
- Negatif: They don't like horror movies. (Mereka tidak suka film horor.)
3. Latihan:
A. Lengkapi Kalimat:
- (I) ______ like chocolate.
- (She) ______ doesn't like vegetables.
- (They) ______ like to read books.
- (He) ______ doesn't like cats.
- (We) ______ don't like rain.
B. Buat Kalimat:
- I / like / soccer
- She / doesn't like / dancing
- They / like / pizza
- He / doesn't like / studying
- We / like / traveling
Contoh Jawaban:
- I like soccer.
- She doesn't like dancing.
- They like pizza.
- He doesn't like studying.
- We like traveling.
4. Diskusi Kelas:
- Mengapa penting untuk mengetahui kapan menggunakan "doesn't like" dan "don't like"?
- Bagaimana cara kita mengungkapkan kesukaan dan ketidaksukaan dalam berbagai situasi sehari-hari?
5. Kesimpulan dan Rangkuman:
- "Like" digunakan untuk menyatakan kesukaan dan bisa digunakan dengan semua subjek dalam kalimat positif.
- "Doesn't like" digunakan untuk menyatakan ketidaksukaan dengan subjek he, she, it dalam kalimat negatif.
- "Don't like" digunakan untuk menyatakan ketidaksukaan dengan subjek I, you, we, they dalam kalimat negatif.
Tugas:
- Buat 5 kalimat positif dan 5 kalimat negatif menggunakan "like," "doesn't like," dan "don't like" dengan subjek yang berbeda.
Materi ini bertujuan membantu siswa memahami penggunaan "like," "doesn't like," dan "don't like" dalam komunikasi sehari-hari. Latihan dan diskusi akan memperkuat pemahaman siswa tentang bagaimana mengekspresikan kesukaan dan ketidaksukaan secara efektif.
Komentar
Posting Komentar